Pengertian portofolio
Portofolio
berasal dari kata portfolio sering disebut juga dengan istilah rubrics.
Portofolio diartikan sebagai sekumpuan upaya, kemajuan atau prestasi peserta
didik yang terencana (bertujuan) pada area tertentu. Portofolio juga diartikan
sebagai suatu koleksi yang dikhususkan dari pekerjaan peserta didik yang
mengalami perkembangan yang memungkinkan pesertaa didik dan pendidik menentukan
kemajuan yang sudah dicapai oleh peserta didik.( Rustamn. tt)
Portofolio
sebagai alat asesmen
Portofolio dinilai sebagai alat asesmen
karena merupakan representasi dari kinerja berbasis kelas (Lucas, 2007),
berfungsi sebagai evaluasi diri, memonitor kemajuan atau perkembangan
kemampuan kognitif dan keterampilan siswa dari waktu ke waktu, umpan balik,
asesmen berbasis guru dan siswa, (student and instructor-based assessment),
asesmen proses pembelajaran, berfungsi sebagai asesmen formatif (proses) dan
sumatif (produk), portofolio memungkinkan siswa mengevaluasi kemajuan dirinya
dan mengenali kekuatan dan kelemahannya serta skor yang diperoleh siswa lewat
portofolio berperan dalam menentukan final grades mereka
(Erdogan and Ok, 2010; Davis and Ponnamperuma, 2005).
Selengkapnya bisa di download disini
contoh rangkuman asesmen
portofolio
Tidak ada komentar:
Posting Komentar